Kalimat-kalimat yang biasa diucapkan tour guide ketika sedang dalam tour ke suatu tempat wisata.
Do you have a question, Sir?
Ada yang ditanyakan, Pak?
Is there something I can help you with?
Apakah ada yang bisa saya bantu?
I’ll try my best to answer your questions.
Saya akan coba semampu saya menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.
I’m afraid I don’t have the answer to that./ I wish I knew the answer./ Sorry I don’t know.
Maaf saya tidak tahu.
That’s an interesting question.
Itu adalah pertanyaan yang menarik.
Hmm. That’s a tough (difficult question).
Hmm. Itu adalah pertanyaan yang berat (sulit).
I’ll have to look into that further.
Saya akan mempelajarinya lebih lanjut.
I’ll have to ask someone about that.
Saya akan menanyakan kepada seseorang mengenai hal itu.
Hmm. I’ve never been asked that before.
Hmm. Saya belum pernah ditanya mengenai hal ini sebelumnya.
Pardon my English. I don’t quite understand your question.
Maafkan bahasa Inggris saya. Saya tidak terlalu paham pertanyaan Anda.
I’m not sure, but I can find out for you.
Saya tidak yakin, tapi saya dapat mencaritahu mengenai hal itu untuk Anda.
Kalimat-kalimat umum yang dapat digunakan untuk bertanya kepada seorang tour guide:
Where is the _____ from here? (nama suatu objek wisata, misalnya: Museum, Zoo, Nearest temple)
Di mana ... dari sini?
How long has _____ been here?
Berapa lama ... di sini?
Where are headed (going) now?
Ke mana kita pergi sekarang?
What time does _____ stay open until?
Sampai jam berapa ... buka?
What else is there to do here?
Apa lagi yang bisa dilakukan di sini?
Which _____ do you recommend?
... yang mana yang Anda sarankan?
Are we allowed to take pictures?
Apakah kita diijinkan mengambil foto?
What’s that over there?
Apa itu yang di sebelah sana?
Where’s the best place to buy _____?
Dimana tempat terbaik untuk membeli _____?
My son wants to know if _____?
Anak saya ingin tahun apakah ... (orang tua yang bertanya untuk anak laki-lakinya yang pemalu.)
Do you know where the nearest washroom is?
Apakah Anda tahu dimana kamar kecil terdekat?
Could you tell us where the nearest bank is?
Bisa beri tahu kami dimana bank terdekat?
Jika ada sesuatu yang menarik perhatian Anda. Anda bisa bertanya kepada seorang tour guide pertanyaan-pertanyaan seperti berikut ini:
Is that the ... you were talking about?
Apakah itu ... yang tadi Anda katakan?
Are we going to pass the ...?
Apakah kita akan melewati ...?
Are we going to see any ...?
Apakah kita akan melihat ...?
Is it on the right or the left?
Apakah ini ada di sebelah kanan atau kiri?
I don’t see it. Can you point it out again?
Saya yidak melihatnya. Dapatkah Anda menunjukkannya lagi?
Did I mist it?
Apakah saya kelewatan (ketinggalan)?
Will we see it on the way back?
Apakah kita akan melihatnya di perjalanan pulang nanti?
Menjelaskan tentang beberapa peraturan selama dalam perjalanan
You are strictly forbidden from taking photographs inside the museum.
Anda benar-benar tidak diperbolehkan mengambil foto di dalam museum.
Please stay on the marked path.
Mohon tetap di jalur yang ada tandanya.
I’m sure this goes unsaid, but remembered to place all trash in the garbage bins.
Saya yakian tidak dijelaskan, tapi ingat, Anda harus embuang semua sampah di tempat sampah.
Please pay attention to the time. We don’t want to keep the driver waiting.
Tolong perhatikan waktunya. Kami tidak ingin membuat sopir menunggu.
Classes are in session, so we need to keep our voices down.
Kelas sedang berlangsung, jadi kita tidak boleh bersuara keras.
The bus will be leaving at 5:00 p.m. sharp.
Bis akan berangkat jam 5:00 sore tepat.
You’ll have some free time to look around after lunch.
Anda akan mendapatkn waktu luang untuk melihat-lihat sekeliling setelah makan siang.
Please meet back here in one hour.
Harap berkumpul kembali di sini dalam satu jam.
Menjelaskan Prosedur Keselamatan
Please keep your seatbelts fastened at all times.
Tolong tetap selalu mengencangkan sabuk pengaman Anda.
I ask that you keep your hands inside the rain.
Saya minta Anda tidak mengeluarkan tangan Anda di luar kereta.
As a safety precaution, please stand behind the yellow line.
Untuk keselamatan Anda, tolong berdiri di belakang garis kuning.
For your onw safety, we ask that you refrain from putting your arms out the window.
Untuk keselamatan Anda, kami minta Anda tidak mengeluarkan tangab Anda ke luar jendela.
Please do not feed the animals.
Tolong jangan memberi makan bintang.
Please remain seated until we come to a full stop.
Tolong tetap duduk sampai kita sampai di tempat pemberhentian.
Please stay with your group at all times.
Tolong selalu tetap dalam kelompok Anda.
Please keep to the sidewalk.
Tolong tetap di jalan pinggir (trotoar).
I don not recommend swimming here. The water is very rough.
Saya tidak merekomendasikan untuk berenang di sini. Airnya sangat kencang.
We suggest only carrying small amounts of cash.
Kami sarankan untuk hanya membawa sedikit uang cash.
These rules are for your own comfort and safety.
Aturan-aturan ini demi keselamatan dan kenyamanan Anda.
Menjelaskan Etiket dan Kebiasaan
It is customary in our country to tip the friendly bus driver.
Adalah suatu kebiasaan di negara kami untuk memberi tip kepada sopir yang ramah.
In this region, we bow rather than shake hands dring a first meeting.
Di daerah ini, kita membungkuk dan bukan berjabat tangan ketika bertemua untuk pertama kalinya.
Though the all-inclusive includes tips for the serves, it does not include tips for the bellboy.
Walaupun biayanya sudah termasuk tip untuk pelayan, tetapi tip untuk bellboy tidak termasuk di dalamnya.
To indicate that you want to get on or off the bus simply wave your hand at the driver.
Untuk menandakan bahwa Anda ingin naik atau turun dari bus, cukup lambaikan tangan Anda kepada pak sopir.
Thank you so much,
Your English Teacher,
Darwoto, S.Pd.
2 comments:
Nice article...
i like your article
i have used these sentences to greet my customer or give some information.
Post a Comment