Saturday, October 25, 2014

Everyone, Everybody, dan Everything

Saat itu, salah satu murid saya bertanya, "Mister, verb setelah everyone itu ditambah -es/-s apa tidak?". "everyone itu singular (tunggal) apa plural (jamak)?", balik tanya saya sebelum memberikan jawaban. Beberapa siswa di dalam kelas menjawab, "plural, mister" dan yang lainnya cuma terdiam. Mungkin belum tahu apa arti dari kata every.
Agar tidak bingung saya segera menjelaskan kepada murid-murid bahwa every means a number of people or things considered individually (sejumlah orang atau benda yang terkait secara individu).
"Jadi, verb setelah everyone itu ditambah -s/-es", saya simpulkan untuk murid-murid. Atau dengan kata lain, everyone, everybody, dan everything adalah singular pronoun (kata ganti tunggal).
Tidak hanya berbicara tentang verb (kata kerja), namun to be (kata kerja bantu "be") juga menyesuaikan. "To be" yang digunakan adalah "is" atau "was".
Agar lebih jelas, saya berikan contohnya:

  1. Everyone is happy.
  2. Everybody wears white T-shirt.
  3. Everything comes true.
  4. Everything was wrong in you.
Semoga bermanfaat.
Selamat belajar.

No comments:


Article of the Day
Metode Bahasa Inggris 468 x 60